Selamat Datang

Posted by Jae

Sistem informasi nilai rapor adalah suatu sistem yang menyediakan informasi berupa nilai akademik dari siswa yang telah diolah sebelumnya, mulai dari pengolahan data siswa, guru, mata pelajaran, kelas, wali kelas, dan nilai akhir. Dimana nilai akademik tersebut didapat dari proses belajar mengajar yang dilakukan antara siswa dan pengajar selama di sekolah. Yang kemudian nilai akademik tersebut akan dilaporkan kepada orangtua/ wali siswa dalam bentuk rapor. Sehingga dengan adanya sistem informasi nilai rapor tersebut, kita dapat mengetahui tingkat perkembangan siswa.

Dalam proses pengolahan nilai rapor di SMA Negeri 3 Demak masih menggunakan sistem manual atau setengah manual, sehingga prosesnya masih lambat. Dan proses penulisan di Raporpun kadang terjadi kesalahan dan kadang mengalami keterlambatan penyampaian kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Selain itu juga menyebabkan terjadinya pemborosan waktu dan tenaga.
Proses pembuatan laporan nilai rapor dirasakan masih banyak kekurangannya, yaitu:

  • Waktu yang dibutuhkan terlalu lama, mulai dari proses memasukkan nilai siswa dari setiap mata pelajaran sampai dengan pembuatan laporan akhir dan memasukkan ke Leger sekolah
  • Adanya pemborosan ruang untuk penyimpanan data dengan jumlah yang banyak.
  • Keamanan data yang kurang karena media penyimpanan yang digunakan mudah rusak ( Maih berupa kertas )
  • Kurang akuratnya informasi nilai yang dihasilkan ( Masih ada perbedaan data antara nila Rapor dengan Nilai Leger Sekolah )karena tidak ada pengecekan ulang dan kesalahan dalam pemasukan nilai rapor, sehingga data tidak dapat/kurang dapat dipercaya.
  • Kegagalan manfaat, karena tidak mampu memberikan laporan hasil evaluasi belajar siswa secara cepat dan tepat.
  • Sangat mungkin terjadi pemalsuan atau pengubahan data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan alasan apapun karena tidak adanya proteksi terhadap data dan informasi.
  • Pelayanan yang diberikan kepada pihak yang membutuhkan menjadi kurang memuaskan karena terjadinya kesalahan dalam pengolahan nilai rapor .

    Dengan pertimbangan untuk memperbaiki kekurangan itulah kami mencoba membuat PROGRAM SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN NILAI RAPOR ini.
-Muhamad Jaelani-